Lakukan 6 Hal Ini untuk Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Anda!

Posted on : January 7, 2016 | post in : englishtips |Leave a reply |
Berikut adalah beberapa tips untuk Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Anda. Saya yakin ini akan sangat membantu Anda khusunya yang sedang kebingungan mencari cara belajar bahasa Inggris yang efektif. 
Terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan lakukan secara berkelanjutan, dalam beberapa hari kedepan pasti Anda akan mengalami peningkatan pengucapan, kosakata, menulis dan berbicara dalam Bahsa Inggris. So, Lakukan 6 Hal Ini untuk Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Anda!

1. Rubah Bahasa Handphone dan Komputer Anda ke Bahasa Inggris

Handphone merupaka perangkat yang setiap saat bersama kita. Ketika kita bepergian pasti tidak luput untuk membawanya, entah itu akan pergi ke kantor, kesekolah, kepasar, sedang berada dirumah, sebelum tidur, saat nanton dan lain-lain. 
Begitupun dengan komputer, diantara kita pasti banyak yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, baik itu melakukan sebuah pekerjaan, belajar, atau mungkin sekedar hiburan. 
Agar lebih bermanfaat, cobalah sekali-kali Anda rubah kedua bahasa perangkat tersebut kedalam bahasa inggris agar peguasaan kosa kata bahasa Anda semakin luas. Diawal-awal memang akan terasa sulit, tapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan terbiasa. 
Nah, begitupun dimedia sosial seperti Facebook dan twitter jangan lupa untuk merubahnya juga ke Bahasa Inggris. Ini semua bertujuan agar kata-kata yang sehari-hari sering kita lihat bisa menjadi lebih familiar dan membantu Anda mempelajari kata-kata dalam bahasa Inggris.

2. Membaca/Menonton Berita dalam Bahasa Inggris

Membaca/menonton berita dalam Bahasa Inggris dapat meningkatkan keahlian mendengar dan memperkaya kosa kata Bahasa Inggris Anda. 
Disamping itu, Anda juga dapat mengetahui secara terupdate segala sesuatu yang sedang terjadi. Jika Ada kata-kata yang kurang Anda pahami, cobalah menerjemahkannya  ke bahasa Indonesia lalu diskusiakan dengan teman Anda. 
Menonton/membaca berita dalam bahasa inggris dapat melatih listening (pemahaman) dan reading (mengetahui maksud bacaan).

3. Mendengarkan Musik Bahasa Inggris dan Mempelajari Liriknya

Belajar Bahasa Inggris dengan nendengarkan musik merupakan cara yang paling asyik. Jika Anda tidak mengetahui liriknya cobalah Anda cari di beberapa website. Jika sudah dapat, putar musiknya sambil melihat lirik lagunya. 
Jika Anda ingin lebih memahami maksud suatu lagu, coba Anda cari terjemahan liriknya. Ini tentu saja dapat menambah pemahaman Anda tentang vocabulary, slang, dan juga idiom yang hari-hari digunankan para native speaker. 
Disisi lain mendengarkan lagu bahasa Inggris dapat membuat Anda mampu berbicara bahasa inggris secara fasih tanpa perlu berfikir karena Anda sudah terbiasa dengan beberapa ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris yang Anda temui dari lirik-lirik lagu.

4. Membaca Buku dan Menonton Film Kartun Anak-Anak dalam Bahasa Inggris

Ini kelihatannya sedikit aneh, tetapi belajar melalui membaca dan menonton film anak-anak justru sangat membantu bagi para pemula untuk memahami setiap kosa kata sederhana bahasa Inggris. 
Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif. Saat belajar kita tidak merasa tertekan, karena kita tidak akan menemukan kata-kata tekhnis Bahasa Inggris yang sulit dimengerti, melainkan hanyalah kosa kata sederhana yang mudah dipahami. 
Ada banyak video-video kartun seperti Dora Explorer, Tom and Jerry, Popaye, dll dalam Bahasa Inggris di Youtube yang bisa Anda totonton.
5. Menulis Daftar Kata/Kalimat Penting yang Baru Anda dengar

Jika Anda baru saja menemukan ungkapan baru dalam Bahasa Inggris, segeralah tulis dibuku catatan agar sewaktu-waktu Anda dapat menggunakan kata-kata tersebut. 
Tulislah kata-kata yang paling sering digunakan seperti Idiom, phrase, vocabulary dll yang menurut Anda penting. Ketika lupa, sekali-kali coba buka catatan Anda.
6. Mencari Lawan Bicara

Jadikan Bahasa Inggris sebagai kebiasaaa. Dimanapun Anda berada, ajak teman Anda untuk bercerita dalam Bahasa Inggris. Jangan malu atau terlalu memikirkan kesalahan grammar. 
Biasakan berbicara agar mulut Anda terlatih dan tidak kaku saat mencoba mengeluarkan kata demi kata. Hal ini juga  membuat Anda dapat berbicara secara natural tanpa perlu berfikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme Designed Bymarksitbd