Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Posted on : August 4, 2016 | post in : englishtips |Leave a reply |

Siapa bilang Belajaar bahasa inggris sendiri itu tidak mungkin? Belajar sendiri pada sebagian orang justru lebih efektif dibanding harus mengikuti les atau kursus. Ada kesenangan dan kenyamanan tersendiri pula pada sebagian orang yang belajar bahasa inggris sendiri. Apalagi saat ini, sumber materi bahasa inggris bisa kita dapatkan melalui internet dengan mudah yang materi nya hampir sama persis dengan yang diajarkan di les atau kursus bahasa inggris. Belajar bahasa inggris sendiri dibanding dengan mengikuti les memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kekurangannya, kita harus mencari informasi sendiri materi yang sesuai dengan level kita. Sedangkan kelebihannya adalah kita bebas menentukan mana yang harus kita pelajari sesuai dengan mood kita, tanpa ada tekanan dan paksaan dari instruktur bahasa inggris serta kita tidak perlu mengeluarkan biaya. Hanay saja, belajar bahasa inggris sendiri membutuhkan waktu luang. Kita harus mau meluangkan waktu kita setiap hari untuk hasil yang maksimal. Adapun berikut ini saya akan memaparkan apa saja rules yang harus dilakukan selama belajar bahasa inggris sendiri dirumah.

1. Mendengarkan Bahasa Inggris setiap hari

Mendengarkan pasti erat hubungannya dengan audio/suara. Maka audio bahasa inggris yang harus didengar adalah audio bahasa inggris yang anda mengerti bacaannya. Sekali lagi ditekankan, dengarkanlah audio bahasa inggris yang sesuai dengan level kita. Paling tidak kita memahami 60% dari apa yang kita dengarkan. Ingat, kita tidak boleh memaksakan level yang tidak sesuai dengan kita. Karena belajar bahasa inggris bukan hanya sekedar mendengarkan, tetapi memahami ide yang terkandung pada konteks kalimat. Adapun waktu yang ideal itu sehari untuk mendengarkan audio bahasa inggris adalah 10-15 menit sehari. 

2.  Mengulang-ulang lalu di ucapkan

Pengulangan adalah kunci untuk mempelajari kosa kata baru agar otak kita dapat mengingat setiap kata baru. Kita harus melihat dan menggunakan kata tersebut paling tidak 16 kali dalam situasi berbeda sebelum otak kita dapat mengingat kosa kata tersebut secara otomatis. Maka dari itu kita harus mempraktekan mengulang-ulang setiap kata banyak kali pada sebuah kalimat atau phrase dan mengucapkan nya dengan lantang sehingga kita dapat mendengarnya. Pastikan kita menggunakan otot mulut kita secara efektif saat mengucapkan tiap kata agar otot mulut tidak kaku sehingga kita akan terbiasa. 

3. Berfikir dalam Bahasa Inggris

Jangan menerjemahkan gagasan di dalam bahasa inggris ke bahasa kita, tetapi gunakan bahasa inggris yang kita tahu untuk memahami nya. Jika kita merubah pemikiran kita untuk memahami gagasan dalam bahasa inggris dengan bahasa inggris, kita akan belajar bahasa inggris secara natural dengan cepat. Gunakan semua kata yang sudah kita tahu untuk memahami bahasa inggris. Caranya, pahami tiap kata bahasa inggris yang tidak dimengerti dengan menggunakan kamus bahasa inggris (bukan kamus Inggris – Indonesia atau Indonesia – Inggris). Sekali lagi, jangan menerjemahkan bahasa inggris kedalam bahasa kita (Indonesia), tetapi berfikirlah dalam bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme Designed Bymarksitbd