Cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling mudah dan efektif

Hari ini kita akan membahas tentang cara belajar grammar bahasa inggris yang paling mudah dan efektif.

Sekarang, apa yang terlintas dibenak teman-teman ketika mendengar kata “Grammar”? Apakah pemikiran Anda langsung mengarah pada buku bahasa Inggris yang sangat susah dipelajari atau les bahasa Inggris yang membosankan?

Kebanyakan para English Learners menjawab ya.. Ada juga English learners lainnya bahkan mengatakan bahwa kita tidak perlu memperlajari grammar, tapi belajar langsung berbicara.

Jadi, pada pembahasan kali ini, saya akan menunjukan kepada kalian apa itu sebenarnya grammar, mengapa kita membutuhkannya, dan juga saya akan menjelaskan bagaimana Cara muda belajar grammar bahasa inggris yang efektif . So, mari kita mulai..

Apa itu grammar dan mengapa kita membutuhkannya?

Grammar, berarti bagaimana kita mengatur kata-kata dalam suatu kalimat. Setiap kali kita meletakkan dua atau lebih kata secara bersamaan, berarti kita sedang menggunakan grammar.

Setiap kali kita mendengarkan seseorang berbicara, otak kita menggunakan grammar untuk memahami artinya. Kita perlu melihat bahwa grammar bukanlah sesuatu yang susah.  Karena, kita semua menggunakan grammar sepanjang hari, setiap hari, dan setiap saat ketika berbicara kepada seseorang.

Jadi tidak ada cara lain untuk mempelajari sebuah bahasa tanpa memikirkan tentang grammar. Sekarang, coba kita lihat apa yang perlu dibutuhkan ketika membahas tentang grammar dalam bahasa Inggris?

Kita lihat saja saat kita mencoba menggunakan present simple verb tense, apa yang perlu kita ketahui? Secara umum, untuk menggunakan grammar dengan benar, kita perlu mempelajari dua hal.

1. Pertama, kita harus mengetahui bentuknya..
Bagaimana menggunakan kata-kata pada sebuah kalimt, bagaimana membuat kalimat positif, negatif, pertanyaan dan lain-lain.

2 Kedua adalah fungsinya.
apa yang di ekspresikan gramaar tersebut dan mengapa kita menggunakannya.

Cobat kita perhatikan pada kedua pokok present simple tense berikut.

Untuk mengetahui present simple, kita perlu mempelajari tentang perbedaan hal. Contoh:

  • Bagaimana cara membuat kalimat positif untuk subjek yang berbeda.  (I, you, he, we, dll). 
  • Kapan harus menambahkan ‘s’ atau ‘es’ pada kata kerja.
  • Bagaimana membuat kalimat negatif, dan 
  • Bagaimana membuat pertanyaan.

Sebagai contoh, kita perlu mengetahui bahwa pada kalimat, “My brother lived in Berlin” adalah salah karena setelah “My brother” kata kerja simple present harus ditambahkan ‘s’ pada akhirannya menjadi “My brother lives in Berlin”. Kita juga perlu mengetahui bahwa pertanyaan dalam present simple aterdiri atas kata ‘do’ dan ‘does’. Dan setelah ‘does’, kata kerjanya tidak ditambahkan ‘s’.

Aturan ini dan yang lainnya membatu kita untuk membentuk grammar yang mana hal tersebut mengizinkan kita untuk meletakkan kalimat bersamaan. Namun, bentuk grammar tidak memberitahu kita bagimana menggunakannya. Kita perlu memikirkan tentang fungsi dari inti sebuah grammar.

Present simple dapat digunakan untuk menjelaskan banyaknya perbedaan arti. Contohnya, present simple bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti “I get up at 7:30 most days”  (Saya bagun pukul 7:30 setiap hari).  Kita juga bisa menggunakan nya untuk fakta, seperti “Tortoises live for aroumd 100 years”. (Kura-kura hidup sekitar 100 tahun). Kita menggunakan present simple untuk sesuatu yang permanen atau siatuasi jangka panjang, seperti “She works as a management consultant.” Kita juga menggunakan simple present untuk event yang akan datang pada sebuah jadwal.  Contohnya, “The plane arrives at at 12.20”

Ada juga banyak arti lainnya yang dapat di jelaskan oleh present simple. Tetapi mempelajari tentang  present simple bukanlah inti dari pembahasan kita kali ini. Hal yang terpenting adalah bahwa inti grammar seperti present simple yang bisa digunakan untuk menjelaskan banyak perbedaan arti. Untuk menggunakan grammar dengan baik, kita perlu memahami fungsinya. Coba kita lihat review berikut.

Are you live in New York?
He working in a marketing company
I live with my parents for a weeks.
He doesn’t came with us tomorrow

Semua kalimat diatas adalah salah karena beberapa alasan. Coba anda perhatikan bagaimana dan mengapa semua kalimat tersebut salah?

Baik, coba kita lihat..

Jadi pada kedua kalimat pertama adalah salah karena bentuknya salah. Yang benarnya adalah “Do you live in New York?” karena pertanyaan dalam present simple terdiri atas ‘do’. Dan kalimat kedua, yang seharusnya adalah “He works in a marketing company”. Karena kita tidak dapat menggunakan kata ‘ing’ pada kata kerja di present simple.

Pada dua kalimat kedua adalah salah. Karena fungsinya tidak tepat. Jika kamu tinggal dengan orang tua mu untuk beberapa minggu, itu adalah waktu yang singkat. Itu bukanlah situasi permanen. Dan pada kalimat terakhir juga salah, karena kita membicarakan tentang rencana yang akan datang. Kita tidak dapat menggunakan present simple untuk situasi seperti ini.

Ini juga merupakan salah satu hal terpenting. Untuk memahami fungsi dari arti sebuah grammar seperti present simple, kita perlu memahami kapan digunakan dan juga kapan tidak menggunakannya. Contoh nya..

Untuk menggunakan present simple dengan benar, kita tidak dapat menggunakan nya untuk membicarakan rencara dimasa yang akan datang.

Inti selanjutnya adalah tentang teori vs praktek.

Ketika mepelajari grammar, kita perlu menyeimbangkan antara teori dan praktek. Kita perlu memahami aturannya tetapi kita juga perlu meluangkan waktu untuk mempraktekkannya.

Buatlah kalimat kita sendiri dengan menggunakan grammar, lakukan latihan yang lebih kompleks dalam percakapan atau tulisan, adalah cara praktikal untuk mempraktekan grammar. Latihan seperti berbicara, menulis, memperbaiki kesalahan, dan lain-lain..

Saya sering bertemu english learners yang mengetahui tentang semua aturan grammar tetapi tidak bisa menggunakan grammar ketika bebricara.  Jika ini juga terjadi pada kita, ini disebabkan kita terlalu fokus pada teori dan tidak cukup untuk mempraktekannya. Sama halnya dengan english learners dapat belajar grammar dengan sempurnya, mereka bisa membuat kalimat sesuai grammar tetapi mereka tidak terlalu tahu bagaimana cara menggunakannnya.

Sekali lagi, hal ini membuat nya semakin susah untuk menggunakan grammar dalam berbicara atau menulis di bahasa inggris karena kita perlu mengetahui bentuk dan fungsinya. Kita juga perlu mengetahui bagaimana membuat kalimat dan kapan untuk menggunakannya.

Disisi lain, beberapa english learners dapat menggunakan grammar dengan baik, meskipun mereka tidak terlalu mengetahui aturan grammar. Mereka membuat kesalahan, tapi mereka tidak mengerti kenapa mereka membuat kesalahan karena mereka tidak mengetahui teorinya.  Terakhir, mari kita lihat beberapa saran sederhana untuk kalian yang ingin mempelajari grammar.

1. Selalu mencoba untuk mencari waktu mempraktekannya
2. Ingat, bahwa memahami bentuk grammar dan fungsinya adalah dua hal yang berbeda.
3. Pikirkan untuk selalu menggunakan grammar dalam setiap percakapan.

Sekian..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *