Belajar Phrasal Verbs kata “Get”, “Get Up”,”Get Along”,”Get Ahead”,”Get By”,dan Get Together

Baik hari ini kita akan membahas tentang Phrasal Verbs khususnya dalam penggunaan kata “Get”. Phrasal Verbs merupakan salah satu bagian yang susah dipelajari dalam bahasa Inggris karena memiliki arti yang bersifat idiomatik, artinya penulisannya berbeda dengan maknanya dan tak dapat diterjemahkan secara terpisah.

1. “Get Up”

“I get up early everyday.”

Kata “Get up” pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian. “Get up” bisa diterjemahkan menjadi bangun. Seperti misalkan ketika kalian bangun tidur dari tempat tidur atau bangkit dari posisi tertentu seperti berbaring disuatu tempat. Kita juga bisa mengatakan “Get up from your chair” artinya berdiri dari tempat dudukmu. Dan ketika kita ingin menanyakan seseorang jam berapa ia bangung, maka pertanyaannya dalam bahas inggris seperti ini:”What time do you usually get up?”

2. “Get Along”

“I get a long with everybody”

Menurut kalian apa arti dari kalimat diatas?  “to Get along” bermakna “berhubungan baik” dengan seseorang. Jadi jika kita memiliki teman atau sahabat, itu berarti kalia memiliki hubungan baik dengan mereka atau dibuat kedalam bahasa inggris “I get along with my friends”. Lawan katanya adalah “I don’t get along with my friends” artinya saya tidak berhubungan baik dengan teman saya.

3. “Get Ahead”

“If you want to get ahead, work hard!”

Dari konteks kalimat diatas, mungkin kalian sudah bisa memahami apa maksud dari kata “get ahead”. “Get ahead” bisa diterjemahkan “sukses” atau “mengalami peningkatan”. Jika misalkan Anda bekerja disuatu perusahaan dan Anda mengalami peningkatan posisi, dari posisi bawah meningkat ke posisi lebih tinggi, itu bisa dikatan “You get ahead in your company”.

4. “Get By”

“Can you get by without your cellphone?”

Coba Anda perkirakan, kira-kira dari konteks kalimat diatas, apa yang muncul dibenak Anda tentang arti kata “get by”?

Yah, “get by” bisa kita terjemahkan menjadi “bertahan”. Jadi jika diterjemahkan kalimat tersebut artinya adalah “apakah kamu dapat bertahan tanpa ponsel”? Anda juga bisa bilang “saya tidak tahan jika tidak ada internet” jika diterjemahkan kedalam bahasa inggris, “I can’t get by without internet”.

5. Get Together

“Let’s get together and discussing the problem”.

Sudah tahu artinya? Jadi arti dari “get together” adalah “bertemu”. Jadi kalimat diatas jika diterjemahkan artinya adalah seperti ini: “Ayo kita adakan pertemuan dan membicarakan permasalahannya”. Nah, “get togeher” juga bisa kita gunakan untuk menjelaskan awal mula pertemuan. Seperti misalkan jika saya bilang, “Kapan kamu dan isterimu pertama kali bertemu”? Maka kita dapat menerjemahkannya seperti ini: “When did you and your wife get together”?

Jadi itulah tadi pembahasan tentang Phrasal Verbs kata “Get”, mudah-mudahan bermanfaat. Seperti biasa, jangan lupa mengklik suka jika menurut kalian artikel diatas cukup membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *