Belajar Present Perfect Continuous Tense

Jika hanya mendengarkan namanya saja, tentu pasti Anda bingung apa itu Present Perfect Continuous Tense. Jadi Present Perfect Continuous Tense adalah kalimat yang ada “have been” atau “has been nya”. Pasti kalau dibilang begitu langsung teringat, “Ohh.. yang  itu yah”.. hehehe.

Well, Present Perfect Continuous Tense memiliki fungsi untuk menjelaskan sesuatu yang dimulai di masa lalu dan terus dilakukan sampai sekarang. Wadduh, gimana tuh? Alright, jangan dulu bingung, kalau begitu kita langsung masuk pada contoh..

Misalkan, bapak mu adalah seorang guru yang sudah lama mengajar disalah satu SMA di kota mu. Dia bekerja sudah hampir 10 tahun hingga sekarang ini. 

Jadi kalau ada yang nanya: “Eh, bapak mu udah berapa lama mengajar?” atau perfect continuous dalam bahasa Inggrisnya, “Hey, how long your father has been teaching?”

Jadi kamu jawab :

My father has been teaching for 10 years. (Bapak ku mengajar sudah hampir 10 tahunan)

Ternyata sangat mudah bukan mempelahari Present Perfect Continuous Tense?

Jika masih kurang mengerti, yuuk kita move ke contoh yang kedua.
Misalkan lagi, kamu sudah janjian dengan teman mu untuk datang kerumahmu, tetapi dia malah datang terlambat padahal kamu sudah menunggunya hampir 2 jam. (misalkan kamu kesal., hehe)
Jadi kamus bisa bilang :

Hey, where have you been?  (Hey, kemana aja sih loe?)
I have been waiting for you for 2 ours (Gue nunggu udah hampir 2 jam-an tau)

Jadi seperti itulah contoh penggunaan perfect continuous tense. Maka didapatlah rumus : S+have/has+been+V(ing)+O.  Oh iyah, kebetulan kita juga tadi sempat mempelajari ttg kalimat tanya perfect tenses juga, maka rumusnya (5W+1H)+have/has+S+been+V(ing) (kata kerjanya klo ada). Sekali lagi, klo bingung gak usah terlalu fokus sama rumus.. dibaca-baca saja, terus disama kan dengan konteks pada contoh diatas. Ok, selamat belajar broh and sistah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *