Inilah 5 Saran Untuk Kalian yang Sedang Belajar Bahasa Inggris

Inilah 5 Saran Untuk Kalian yang Sedang Belajar Bahasa Inggris – Hari ini saya akan membagikan saran tentang bagaimana meningkatkan bahasa Inggris. Ini sangat penting untuk diketahui agar semangat dalam mempelajari bahasa inggris tetap terjaga hingga kita menjadi penutur bahasa inggris yang hebat.
saran belajar bahasa inggris

1. Tulislah semua keuntungan dari mempelajari bahasa inggris

Bayangkan keuntungan apa yang akan terjadi jika kamu mampu berbahasa inggris dengan baik. Contohnya, kalian akan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, kalian dapat melanjutkan studi keluar negeri seperti di Inggris atau Amerika, dapat berkeliling dunia atau menetap di luar negeri, bahkan kalian bisa memperluas jaringan pertemanan tak hanya orang Indonesia saja melainkan kamu dapat berteman dengan orang asing. Jadi itulah beberapa contoh keuntungan jika kamu mampu berbahasa Inggris, jika masih ada yang lain, kalian tuliskan di catatan Anda kemudian lihatlah setiap hari tulisan tersebut. Nah, ini yang paling penting, pastikan kalian juga menyertakan tulisan itu dengan gambar yang bisa kalian dapatkan melalui gambar yang ada di majalah, korang atau dari internet agar lebih memperkuat semangat Anda untuk belajar. Tempel tulisan dan gambar tersebut ditempat yang sering Anda lihat setiap hari seperti di dinding kamar, pintu, dll. Atau alangkah lebih bagusnya, kalian menscreenshoot gambar dan tulisan tersebut lalu kalian simpan di Handphone. Dengan melakuakn tips berikut akan membuat Anda semakin termotivasi setiap hari.

2. Jangan Pernah Malu!

Jika kamu malu berbicara dalam bahasa Inggris maka kamu menjadi takut untuk berbicara . Jika kamu tidak bicara, maka kamu tidak akan mengalami peningkatan. Inilah yang dikatakan oleh seorang guru bahasa Inggris dari Crown Academy English yang telah mengajar English selama 15 tahun. Malu berbicara adalah salah satu faktor kenapa banyak orang yang belajar bahasa inggris sulit mengalami peningkatan. Biasanya ini ditandai dengan kemampuan menulis english learners bagus akan tetapi ketika berbicara sangat buruk. Jadi kuncinya kita harus percaya diri. Hidup ini akan terasa lebih menyenangkan ketika kita berhenti memikirkan tetang apa yang orang lain fikirkan tentang diri kita. Tak perlu memperdulikan orang lain yang mencemooh kalian saat melakukan kesalahan ketika mencoba berbicara karena itu sama sekali tidak penting. Ketika di kelas kalian di tunjuk untuk berbicara oleh teacher, maka berbicaralah! Di kelas memang pasti ada yang lebih pintar dari Anda, teapi mereka tidak mengalami penigkatan sebab student terbaik dikelas adalah student yang percaya diri.

3. Menetapkan goal yang realistis dan memiliki rencana. 

Belajar bahasa inggri membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka jadilah realistik, kalian tidak akan bisa lancar berbahasa inggris hanya dalam sehari, seminggu, atau sebulan. Tetapi ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Pastikan kamu menetapkan rencana jangka panjang dan jangka pendek. Rencana jangka pendek contohnya: dalam sebulan kamu dapat menghafal 100 kosa kata bahasa inggris baru, meluangkan waktu belajar bahasa inggris selama 1 jam perhari, berbicara dengan penutur asli bahasa inggris sekali dalam seminggu. Jadi rencana jangka waktu ini berdasarkan pada proses, karena kalian tidak dapat mengetahui peningkatan yang terjadi. Nah kemudian adalagi yang dinamakan rencana jangka panjang. Jangka panjang ini mengacuh pada hasil yang didapat nanti. Contohnya: Tahun depan, kalian memiliki target untuk harus mendapatkan sertifikat IELTS, TOEFL, dan TOEIC atau berhasil pada ujian akhir sekolah/universitas.

4. Belajar Bahasa Inggris ibarat seperti orang yang sedang membangun dinding.

Setiap hari kalian harus menyusun 1 batu bata, hingga pada beberapa bulan kedepan kalian mampu membuat dinding yang kokoh. Sangat mustahil jika dalam sehari kalian mampu membangun dinding yang kokoh dan kuat. Sama halnya seperti belajar bahasa Inggris, kalian tak akan bisa menjadi lancar hanya dalam satu hari, pasti butuh berbulan-bulan hinggat tahun. Batu bata pada dinding yang kalian susun setiap hari adalah praktek dan belajar Bahasa Inggris yang kalian lakukan setiap hari. Tentunya semua ini dilandasi oleh kesabaran dan konsistensi. Ingat, lakukan hal tersebut setiap hari yakni belajar dan perbanyak praktek.

5. Menulis Jurnal atau Blog

Tulisalah beberapa kalimat dalam bahasa inggris pada tulisan Anda setiap hari. Apa yang ditulis pada jurnal atau blog tersebut? Yakni kalian bisa menulis apa saja yang terjadi selama hari ini, mengutarakan apa yang ada difikiran dan persaan kalian, dan menjelaskan rencana kalian besok atau dimasa depan. Apa yang kalian tulis penulisannya tidak harus sempurna. Tujuannya dengan menulis seperti ini, kalian akan terbiasa berfikir dalam bahasa inggris.
Ok, jadi itulah tadi 5 saran buat teman-teman yang sedang belajar Bahasa Inggris. Dengan mengikuti saran tersebut, mudah-mudahan apa yang teman-teman inginkan akan tercapai, yakni memiliki kemampuan bahasa Inggris yang hebat. Semoga bermanfaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *